Kamis, 28 September 2017

Tips Membersihkan Cincin Emas


Seperti yang telah kita ketahui bahwa cincin emas merupakan salah satu benda yang paling digemari oleh setiap masyarakat. Hal itu disebabkan karena emas ini merupakan barang yang paling berharga dan paling wah di antara barang-barang yang lain.



Emas ini bisa dijadikan investasi atau dijadikan tabungan untuk masa depan. Seringkali kebingungan para pasangan untuk membersihkan cincin tunangan emas karena takut akan tergores atau takut ada hal-hal lain yang mungkin tidak diinginkan.

Nah bagi anda yang mungkin ingin membersihkan cincin emas jangan beranjak dari artikel ini, sebab penulis akan mencoba untuk menguraikannya.

Apakah Anda saat ini sedang bingung dengan keadaan cincin nikah emas yang sudah kelihatan kusam? Atau memang cincin emas anda itu sudah lama dan warnanya sudah tidak berkilau seperti dulu lagi? Jika iya maka anda tidak perlu hawatir. Memang emas sebenarnya logam yang tidak mudah pudar warnanya seperti perak. Meskipun begitu emas juga bisa menimbun kotoran seperti debu, tanah, mungkin juga terkena sabun, dan bahan-bahan lainnya. Dengan begitu emas pun meskipun digunakan standar tetap bisa pudar warnanya. Lalu apakah bisa dibersihkan?

Tentu saja bisa. Bagi anda yang saat ini memiliki cincin nikah emas yang warnanya sudah kusam maka anda bisa membersihkannya dengan mudah. anda cukup menggunakan peralatan rumah tangga yang ada di sekitar anda maka cincin emas yang anda miliki pun akan segera berkilau lagi.

Untuk membersihkan cincin emas, ada banyak cara yang bisa anda lakukan dan semuanya cukup mudah bagi anda. salah satu bahan yang bisa anda jadikan untuk membersihkan cincin emas adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Sabun cuci piring adalah salah satu benda yang mesti ada di rumah. ternyata sabun ini bukan hanya untuk membersihkan piring dan peralatan rumah tangga lainnya tapi anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan cincin emas anda. bagaimana caranya?


1. Tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam sebuah mangkuk yang sudah diisi dengan air hangat.

Anda harus ingat yang digunakan adalah air hangat bukan air panas karena beberapa jenis cincin, terutama cincin yang ada batu permatanya akan bisa retak akibat dari suhu air yang panas atau air mendidih. Batu mulia seperti opal akan bisa rusak terkena air panas yang mendidih. Jadi cara ini harus menggunakan air hangat saja. Air ini bisa menggunakan air biasa. Tapi jika anda ingin hasil yang lebih bagus lagi maka anda bisa menggunakan air berkarbonasi bebas natrium atau club soda. Jenis air yang satu ini akan melonggarkan debu-debu dan juga kotoran yang ada di permukaan cincin nikah emas anda sehingga akan lebih mudah untuk dibersihkan.


2. Masukan cincin anda ke dalam manguk

Ini adalah cara larutan tersebut bekerja merenggangkan semua debu dan kotoran yang ada di sela-sela cincin. larutan ini akan bekerja ke seluruh bagian cincin, bahkan pada bagian lekukan-lekukan perhiasan yang susah dijangkau pun akan direnggangkan. Untuk itu agar hasilnya maksimal maka anda perlu merendamnya selama 15 menit, boleh lebih dari itu.



3. Membersihkan dengan sikat halus

Setelah anda merendam perhiasan anda itu maka anda perlu mengangkatnya dan membersihkannya lagi. Gosok bagian permukaan cincin dengan sikat yang memiliki bulu halus. Semakin halus bulu sikat tersebut maka itu akan semakin bagus. dan jangan lupa anda juga perlu memberi perhatian khusus pada bagian-bagian perhiasan yang menurut anda memiliki banyak kotoran. Bersihkan dengan lembut dan berhati-hati karena jangan sampai gosokan anda itu membuat permukaan cincin anda menjadi tergores. Apa lagi jika permukaan cincin anda bukan semuanya terbuat dari emas maka lapisan emas yang ada di permukaan cincin tersebut bisa hilang akibat dari gosokan yang anda lakukan. Untuk itulah bersihkan dengan lembut dan pelan. Menggunakan sikat khusus pembersih perhiasan memang sangat bagus karena sikat ini dibuat khusus untuk membersihkan perhiasan. Tapi jika itu tidak ada maka anda bisa menggunakan sikat apapun yang memiliki bulu yang halus, misalnya sikat alis, dan lain sebagainya.

4. Membilas


Setelah anda menyikat cincin tersebut, maka yang berikutnya adalah membilas lagi dengan air hangat. Sekali lagi yang boleh digunakan untuk membilas adalah air hangat karena ini untuk menjaga keadaan cincin anda agar tidak rusak, terutama jika cincin anda memiliki batu mulia. Pembilasan ini akan menghilangkan semua debu dan juga kotoran yang sudah direnggangkan saat perendaman dan penyikatan tadi. Anda juga bisa menggunakan air dingin untuk membilasnya. Dan jika anda membilas cincin tersebut di wastafel maka anda harus memastikan bahwa saluran pembuangan air yang ada di wastafel tersebut sudah anda amankan dengan saringan, bisa saringan kopi, saringan teh, atau saringan pasta. Ini gunanya agar jika suatu waktu cincin anda tidak sengaja terlepas dan jatuh ke wastafel maka cincin itu tidak hilang masuk ke saluran air. Ini harus anda perhatikan agar jangan sampai maksud anda ingin membersihkan cincin tapi karena tidak teliti maka cincin itu justru hilang. Sayang bukan?




 

5. Lap dengan kain


Jika anda merasa sudah cukup membilasnya maka anda bisa langsung mengelapnya dengan kain. Ingat kain yang digunakan juga harus kain yang lembut dan juga halus. Tujuannya sama seperti di atas agar permukaan cincin anda tidak tergores saat pengelapan tersebut. Setelah dilap, letakan cincin nikah emas anda di atas sebuah handuk yang kering. Ini tujuannya agar cincin anda benar-benar kering semuanya. Cincin yang telah direndam dan dibilas berkali-kali tentunya di bagian-bagian tertentu akan kemasukan air, dan air tersebut tidak semuanya bisa terjangkau oleh lap anda. untukk itu anda perlu mengeringkannya dengan meletakan cincin itu di atas handuk agar cincin tersebut dikeringkan oleh udara.


6. Menyimpan atau memakai

Jika anda merasa cincin tersebut sudah benar-benar kering maka anda dapat menyimpannya lagi atau memakainya. Tapi ingat semua bagian cincin harus benar-benar sudah kering karena cincin yang masih basah jika disimpan akan menjadi lembab sehingga cincin tersebut akan mudah kotor lagi. Selain itu cincin yang belum sepenuhnya kering jika dipakai akan membuat iritasi ringan pada kulit. Itulah sebabnya anda perlu memastikan cincin emas anda benar-benar sudah kering sebelum anda memakai atau menyimpannya lagi.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk membersihkan cincin nikah emas? Dengan bahan dan biaya yang murah anda bisa membersihkan cincin dengan baik dan benar. Anda tidak perlu repot-repot pergi ke toko perhiasan untuk membersihkan cincin anda itu karena cukup dari rumah saja maka cincin anda yang tadinya kusam dan tidak mengkilau akan bisa bersih dan mengkilau kembali dengan bahan dan juga cara yang cukup sederhana.

Memang ketika anda membersihkan cincin nikah emas ini sendiri anda butuh konsentrasi dan hati-hati. Ini agar jangan sampai anda salah membersihkannya karena jika anda melakukan kesalahan maka proses pembersihan cincin anda hasilnya tidak akan bisa maksimal, bahkan jika anda tidak berhati-hati hal itu bisa membuat cincin anda rusak atau tergores. Untuk itulah, hati-hati ketika membersihkan cincin anda, mulai dari membersihkannya dengan halus. Menggunakan air hangat untuk merendamnya, menggunakan kain halus, dan jangan disimpan atau dipakai sebelum cincin anda benar-benar kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar